Mengenal Bahasa C++

bahasa pemrograman c++ untuk pemula


Apa bahasa C++ itu? Bahasa C++ adalah salah satu bahasa komputer yang bergentayangan dalam dunia programming. Bahasa C++ adalah pengembangan dari bahasa C, dimana C++ awalnya bernama bahasa C with class sebelum akhirnya berubah nama pada tahu 1983. Mengapa disebut bahasa C with class demikian? Karena C++ muncul sebagai bahasa C yang dilengkapi dengan fitur kelas. Dalam implementasinya untuk memecahkan masalah C++ akan membagi suatu obyek menjadi beberapa kelas dan menjelaskan setiap kelas yang sebelumnya merupakan anak kelas dari kelas tersebut. Di setiap kelas ini akan digambarkan mengenai keadaan obyeknya, anggota dan kemampuan setiap obyek di dalamnya. Nah, setelah setiap kelas dibuat, masalah akan diselesaikan satu per satu lewat kelas.

1. Pengenalan Bahasa C++
Bahasa pemrograman adalah suatu kumpulan kata (perintah) yang siap digunakan untuk menulis suatu kode program sehingga kode-kode program yang kita tulis tersebut akan dapat dikenali oleh kompilator yang sesuai. Kata-kata tersebut dalam bahasa pemrograman disebut dengan keyword (reserve word). Untuk mempelajari bahasa pemrograman tertentu kita tidak harus menghafal semua keyword (kata kunci) yang ada di dalamnya, namun yang perlu kita ketahui adalah fungsi dan aturan penggunaannya.

Contoh dari beberapa keyword misalnya : int, main, for, while, do while, dsb.



Pada pembelajaran ini kita akan menggunakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yaitu C / C++.
Objektif :
1. Mengerti konsep dasar penggunaan  C++ 2. Dapat memahami Variabel, Tipe Data, Deklarasi, Ekspresi dan Operator dalam C++ 3. Dapat memahami Input / Output pada C++ 4. Dapat menerapkan  struktur  program  C++  dan  membuat  program  sederhana  menggunakan C++.


2. Kerangka Program dalam Bahasa C / C++
Setiap program yang ditulis dengan menggunakan bahasa C harus mempunyai fungsi utama, fungsi tersebut bernama main(). Fungsi inilah yang akan dipanggil pertama kali pada saat eksekusi program. Apabila ada fungsi lain yang dibuat, maka fungsi tersebut akan dijankan ketika dipanggil di fungsi utama. Hal ini karena bahasa C/C++ merupakan bahasa procedural yang menerapkan konsep runtutan (program dieksekusi baris-perbaris dari atas ke bawah secara berurutan).

Ada dua bentuk kerangka fungsi utama yang sering digunakan :

Bentuk dengan tanpa pengembalian nilai ke system operasi (dengan menuliskan Void sebelum fungsi utama )
Contoh :

void main(void)

{

            Kode program yang akan ditulis;

}

Kata kunci void dalam kurung bersifat opsional, artinya bias dituliskan atau juga tidak.

Bentuk dengan pengembalian nilai 0 ke system operasi (dengan menuliskan tipe data sebelum fungsi utama )
Contoh :

int main(void)

{

            Kode program yang akan ditulis;

            return 0;

}

Kata kunci void dalam kurung bersifat opsional, artinya bias dituliskan atau juga tidak.

Fungsi return 0 pada konsep di atas adalah fungsi main() ini dapat mengembalikan nilai 0 ke system operasi yang menandakan bahwa program tersebut berjalan dengan baik tanpa adanya kesalahan.

File header adalah file dengan eksetensi h ( *.h ) yaitu file bantuan yang digunakan untuk menyimpan daftar-daftar fungsi yang akan digunakan di dalam program.

File header di dalam C/C++ misalnya adalah <stdio.h> atau <iostream.h> untuk proses masukan dan keluaran (input/output). Tidak hanya dua file header tersebut karena masih banyak file header yang disediakan oleh C/C++ untuk menangani kerword-keyword yang lain.

Di bawah ini akan digambarkan bagaimana cara penulisan file header dengan mengacu pada konsep kerangka yang sudah dijelaskan di atas :

Contoh 1 : Penggunaan input/output dengan bahasa C

#include <stdio.h>

int main()

{

printf(“Selamat Belajar Algortima dan Pemrograman \n”);

return 0;

}


Contoh 2 : Penggunaan input/output dengan bahasa C

#include <stdio.h>

void main()

{

printf(“Selamat Belajar Algortima dan Pemrograman \n”);

}


Contoh 3 : Penggunaan input/output dengan bahasa C++

#include <iostream.h>

int main()

{

cout<<“Selamat Belajar Algortima dan Pemrograman \n”;

return 0;

}


Contoh 4 : Penggunaan input/output dengan bahasa C++

#include <iostream.h>

void main()

{

cout<<“Selamat Belajar Algortima dan Pemrograman \n”.

Itulah beberapa hal yang saya tahu dari bahasa C++. Untuk informasi yang lebih lanjut bisa lihat di artikel History of C++ ini. Selain itu, di dalam situs tersebut juga terdapat beberapa tutorial yang berhubungan dengan bahasa C++ mulai dari yang dasar hingga yang berat. Untuk Tutorial selanjutnya saya akan mengenalkan anda tentang "fungsi" pada C++. Semoga bermanfaat bagi kalian yang sedang belajar pemrograman C++.
Previous
Next Post »